Pendidikan Kesetaraan
30
Juli
Samarinda — Sejulmah dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan “Peningkatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae Menggunakan Canva” dalam upaya meningkatkan literasi digital dan kesiapan memasuki dunia kerja bagi warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Samarinda.
Kegiatan yang berlangsung di ruang laboratorium komputer SKB Samarinda ini diikuti oleh 26 warga belajar, serta turut dihadiri oleh sejumlah tutor SKB yang aktif mendampingi peserta selama kegiatan.
Pelatihan menghadirkan tiga dosen dari Prodi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Mulawarman sebagai narasumber, yaitu:
- Husnawati, S.Pd., M.Pd. yang membawakan materi “Mengenal Literasi Digital bagi Warga Belajar”,
- Hepy Tri Winarti, S.Pd., M.Pd. dengan topik “Pembuatan Curriculum Vitae (CV) dan Bekal Sebelum Memasuki Dunia Kerja”, serta
- Ady Setiawan, S.Pd., M.Pd. yang memberikan pendampingan praktik langsung dalam sesi “Pembuatan CV yang Baik” menggunakan platform Canva.
Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Lapangan (KKN-PLP) yang dilaksanakan oleh empat mahasiswa semester VII Prodi Pendidikan Masyarakat, yaitu Fasya Aura Nabila, Destria Zulfa Andini, Aisyah Ramadhani, dan Awaliyah Rahman, yang bertindak sebagai koordinator teknis kegiatan.
Salah satu peserta pelatihan, Ozzy, yang saat ini bekerja di Hotel Aston Samarinda, menyampaikan antusiasmenya. “Saya sangat berterima kasih atas pelatihan ini. Materinya sangat berguna dan saya yakin akan bermanfaat untuk keperluan pekerjaan saya ke depan,” ungkapnya.
Kegiatan ini bertujuan membekali warga belajar dengan kemampuan dasar dalam membuat dokumen profesional seperti CV, sekaligus memperkenalkan platform digital yang mudah diakses dan digunakan. Dengan adanya pelatihan ini, warga belajar diharapkan lebih siap menghadapi dunia kerja dan memiliki kepercayaan diri dalam menyusun profil diri secara digital dan menarik.